Penyebab dan Pengobatan Penyakit Vitiligo

Penyebab dan Pengobatan Penyakit Vitiligo - Jika dipermukaan kulit Anda terdapat bercak putih jangan menganggap hal tersebut sepele. Ada kemungkinan Anda terkena penyakit vetiligo. Berikut sekilas tentang vitiligo seperti dikutip mayoclinic, Jumat (12/7/2013) oleh liputan6:

Deskripsi

Vitiligo merupakan suatau kondisi dimana kulit kehilangan pigmen, melanim yang memberi dan menentukan warna pada kulit, mata dan rambut Anda. Hal ini dapat terjadi karena sel-sel yang bertugas memproduksi melamin mati, sehinga pigmen kulit Anda memudar dan menimbulkan bercak putih seperti panu dan bentuknya tidak teratur dan semakin lama ukuran bercak tersebut dapat membesar.

Virtiligo dapat mempengaruhi seluruh permukaan tubuh Anda namun yang paling pertama adalah permukaan kulut Anda yang sering terpapar sinar matahari, seperti lengan, tangan, wajah, biir. Kemungkinan juga dapat mempengaruhi alat vital. penyakit ini tidak mengenal ras, dan sering menyerang orang yang berusia 10 sampai 30 tahun.

Umumnya, vitiligo muncul dalam salah satu dari tiga pola berikut ini:
  • Generalized. Merupakan pola yang paling umun yang dialami penderita vitiligo. pigmen kulit yang hilang tersebar diseluruh permukaan kulit dan bebentuk simetris.
  • Segmental. Merupakan virtiligo yang pigmen kulitnya hilang hanya pada satu sisi tubuh saja, dan virtiligo ini sering dialami oleh anak muda, tipe ini dapat terjadi hingga satu sapai dua tahun dan kemudian berhenti.
  • Focal. Vitiligo yang hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu saja dan hanya terdapat satu atau beberapa pada bagian tubuh.

Gejala Penyakit Vitiligo


Tanda penyakit ini terlihat secara fisik yaitu warna kulit memudar dan berubah menjadi bercak-bercak putih susu, bukan hanya itu Anda akan mengalami pertumbuhan uban pada kepala sebelum waktunya. Bahkan mata, alis dan jenggot pun dapat berubah menjadi putih, selain itu jaringan yang bertugas malapisi bagian mulut dalam anda dan lapisan dalam mata (retina) akan kehilangan warna.

Penyebab Penyakit Vitiligo


Penyakit ini terjadi pada saat sel-sel yang memproduksi melamin mati, sehingga kulit kehilangan melamin yang menentukan warna pigmen pada mata, kulit dan rambut, yang mengakibatkan bercak putih susu pada kulit Anda. Namun dokter ahli juga memiliki teori sendi yang menyatakan bahwa virtiligo terjadi karena tubuh mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, faktor keturunan, kondisi emosional, sering terpapar sinar matahari, dan memiliki riwayat melanoma turut meningkatkan risiko Anda mengalami vitiligo.

Pengobatan Penyakit Vetiligo


Bercak putih pada tubuh terkdang dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan. Untuk itu pengobatan vertiligo tidak harus dilakukan. Namun untuk sebagian orang pengobatan ini harus dilakukan untuk memperlambat dan menghentiakn perkembangan penyakit ini dan mengambalikan warna kulit aslinya.

Ukuran, lokasi bercak dan Jumlah menjadi patokan untuk melakukan perawatan medis. Pengobatan virtiligo dapat berlangsung selama 6 sampai 18 bulan. Dan berikut pengobatan yang pata Anda lakukan:

  • Immunomodulator topikal
Salep topikal merupakan salap yang efektif untuk mengatasi bagi yang masih menderita bercak putih, salep ini mengandung tacrolimus atau pimecrolimus. Pengobatan ini juga memiliki efek samping yang lebi sedikit dibanding dengan terapai kortikosteroid topikal. Namun penderita yang melakukan pegobatan dengan cara ini merekan dapat  mengalami limfoma dan kanker kulit.

0 komentar:

Posting Komentar